Jakarta (Metro Idn)
Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT/Regional Nusantara) pada H-3 Idulfitri 1446 H/2025 atau Jumat (28/3/2025) mendata peningkatan lalu lintas (lalin) di tiga ruas tol yaitu Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), Ruas Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Ruas Tol Manado-Bitung (Mabit).
Marketing and Communication Department Head JNT Regional Division, Herald Galingga menyampaikan hal itu dalam keterangan tertulisnya via Wa, Sabtu (29/3/2025).
Disampaikan, Ruas Tol MKTT tercatat sejumlah 18.143 kendaraan melintas pada hari Jumat (28/3/2025). Angka tersebut meningkat 26,6% dibanding lalin normal yaitu 14.333 kendaraan.
Berdasarkan data tersebut, 6.259 kendaraan tercatat masuk dari GT Kualanamu yang berasal dari arah Bandar Udara Internasional Kualanamu. Angka tersebut lebih tinggi 35,80 % dibanding volume lalin normal yang melintas di GT Kualanamu yaitu 4.609 kendaraan.
Ruas Tol Balsam tercatat volume lalin sejumlah 10.931 kendaraan atau meningkat 3% dibanding volume lalin normal yaitu 10.614 kendaraan.
Ruas Tol Mabit terdata volume lalin sebanyak 6.360 kendaraan atau meningkat 1,8% dibanding dengan volume lalin normal yaitu 6.246 kendaraan.
Menghadapi peningkatan lalin dalam libur Hari Raya Idulfitri 1446 H/2025, JNT mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan di jalan tol untuk dapat memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan.
Mempersiapkan perbekalan selama perjalanan (makanan, minuman, serta peralatan ibadah, obat-obatan pribadi), mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) secara penuh sebelum melakukan perjalanan, mengecek tarif tol dan mengisi saldo uang elektronik dengan cukup.
Selain itu, pengguna jalan tol juga direkomendasikan melakukan pemilihan waktu dan rute perjalanan dengan baik salah satunya dengan menghindari perjalanan waktu puncak arus mudik dan balik.
Lebih lanjut Herald Galingga menyampaikan, JNT mendorong pengguna jalan tol mengikuti aturan selama perjalanan dengan mematuhi rambu dan arahan petugas di lapangan, disiplin dalam ketentuan berkendaraan.
Dianjurkan melakukan pengisian ulang (top up) uang elektronik melalui aplikasi Travoy atau di gerai top up yang tersedia di rest area serta menghindari top up di gerbang tol.
Pengendara jalan tol yang akan menggunakan fasilitas rest area, dianjurkan tidak berlama-lama di rest area, maksimal 30 menit, menjaga kebersihan rest area serta memanfaatkan posko pelayanan kesehatan di rest area apabila memerlukan pengecekan kesehatan.
Informasi seputar jalan tol di Regional Nusantara dapat diakses melalui media sosial @jalantolnusantara.
Informasi lalin terkini dan permintaan pelayanan lalin jalan tol, dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, X @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android (red/Manuria)